KEMBALIKAN AKU KE ALAM

Posted on
  • Sabtu, 01 Mei 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Program pemerintah tahun 2010 adalah pertanian yang berwawasan lingkungan dengan istilah yang dipopulerkan adalah “Go Organik 2010” walaupun masih banyak masalah disana-sini, namun program tersebut terus didengung-dengungkan, hal tersebut ditindak lanjuti dengan program sayuran organik.

    “kalau bulan bisa ngomong” bait lagu tersebut dulu pernah kita dengar, namun bagaimana kalau kita rubah bait tersebut dengan “kalau tanah bisa ngomong” atau “kalau tanaman bisa ngomong” pasti tanah atau tanaman tersebut telah merintih karena kesakitan, karena unsur-unsur hara yang didalamnya sudah terkikis habis oleh faktor-faktor yang mayoritas diakibatkan oleh manusia.

    Kita sangat setuju bila kesuburan tanah tersebut kita kembalikan lagi, bagaimana caranya, menurut Aa Gym “lakukan dari hal kecil”, seperti apa misalnya kalau yang menanam padi kembalikanlah jerami atau dedaknya ke sawah, kenapa harus? Karena yang dimakan oleh kita kan cuman berasnya aja, kenapa kita tega-teganya merampok makanan tanah, tanah juga perlu makan, cobalah mulai sekarang jangan pernah membakar lagi jerami, jangan lagi menjual jerami, kembalikanlah untuk makanan tanah sawah.

    Kalau yang bertani di bidang hortikultura sayuran, cobalah jangan memanen sayuran diambil dengan daun-daunnya kalau kita hanya memakan umbinya saja, daun dan tangkainya kembalikan ke alam, kalau kita hanya memakan buahnya saja kembalikanlah daunya ke alam. “sayangilah tanah, niscaya tanah akan menyanyangi kita” yaitu dengan cara menghasilkan produksi sayuran atau padi yang lebih sehat, dan bermanfaat.

    Ayo kembalikan ke alam, ayo kembalikan ke alam. Mari lakukan dari hal terkecil, mulai dari sekarang. Semoga… (Abdul Sidik).

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: