MEMBUAT PESNAB ITU MUDAH, INI RESEPNYA

Posted on
  • Kamis, 06 Mei 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Pestisida nabati (pesnab), sekarang sudah tidak asing lagi didengar diteling kita, namun kadang-kadang masih banyak petani atau bahkan petugas penyuluh pertanian yang belum paham cara dan pembuatannya, pada kesempatan ini saya akan membuka suatu resep khusus cara pembuatan pestisida nabati yang diperuntukan mengendalikan hama secara umum. Sudah penasaran…?

    Sebelum kita membuat pesitisida nabati tersebut ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan yaitu: daun nimba/mimba sebanyak 8 kg, lengkuas (laja) sebanyak 6 kg, serai sebanyak 6 kg, deterjen/ sabun colek sebanyak 20 gram dan air sebanyak 20 liter.

    Cara pembuatannya adalah sebagai berikut: daun nimba, lengkuas dan serai ditumbuk sampai halus kemudian seluruh bahan di cacah, dicampurkan dan digiling merata dalam 20 liter air, kemudian direndam selama 24 jam, bila bahan yang anda buat dari resep tadi sedikit anda cukup dengan memblendernya. Kemudian keesokan harinya larutan disaring dengan kain halus dan larutan hasil penyaringan diencerkan lagi menjadi 600 liter air. Larutan dari resep tersebut dapat digunakan untuk luas lahan 1 ha.

    Adapun cara mengaplikasikan atau menggunakan resep pestisida nabati tersebut yaitu dengan cara menyemprotkan cairan tersebut pada tanaman yang akan dilindungi. Bagaimana cukup mudah bukan? Semoga dapat mempraktekannya. (Abdul Sidik)

    1 komentar:

    almiqdar mengatakan...

    resep menarik., selain pakai deterjen/sabun colek apakah ada alternatif lain Pak untuk pembuatan Pestisida nabati?

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: