MENCIPTAKAN PABRIK YANG TIDAK TERLIHAT?

Posted on
  • Selasa, 29 Juni 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Kalau kita lihat bangunan pabrik memiliki tempat yang luas, dengan aneka kegiatan yang tersusun dengan baik sesuai prosedur operasional yang ditetapkan. Judul artikel ini “menciptakan pabrik yang tidak terlihat” kenapa seperti itu? Hal ini sangat penting dicermati, karena menurut saya merupakan salah satu strategi menciptakan lapangan kerja yang sangat prospek. 

    Intinya seperti ini, kalau di suatu wilayah pedesaan sudah tercipta usaha kecil menengah seperti pengolahan hasil dari komoditi wortel untuk dijadikan dodol wortel, just wortel, sirup wortel, cuka wortel dan lain sebagainya. Yang membuat produk tersebut hanya diproduksi oleh beberapa orang saja, dan hal ini sebenarnya dapat diciptakan lebih luas lagi.

    Bagaimana caranya, yaitu sebagai berikut:

    1.   Identifikasi kelompok-kelompok usaha yang sudah berjalan.

    2.   Lihat prospek pasar yang sudah dilakukan.

    3.   Rencanakan berapa kapasitas produksi yang sudah dilakukan, dan berapa volume produksi yang diminta oleh pasar. (misalnya: pasar meminta 200 botol sirup wortel, sedangkan produksi yang sudah dilakukan hanya 50 botol).

    4.   Rekrut/ ajak masyarakat yang siap memproduksi, berikan mereka pemahaman dan tata cara membuatnya.

    5.   Buat aturan kerjasama bahwa masyarakat itu hanya produksi saja, kemudian secara disiplin mereka harus memberikan hasil produksinya misalnya setiap jam 7 pagi, sehingga kalau biasa 50 botol dibuat oleh 2 orang sekarang bisa dibagi dengan 5-10 orang sehingga memperluas lapangan kerja.

    6.   Terus lakukan dan lakukan, terus coba dan coba sampai penciptaan pabrik yang tidak terlihat akan terwujud.

     

    Demikian artikel ini mudah-mudahan dapat bermanfaat, semoga.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: