SAYURAN DARI KELOMPOK TANI CEMERLANG TEMBUS PASAR SUPERMARKET DAN HOTEL

Posted on
  • Selasa, 27 Juli 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Tanaman hortikultura di Kecamatan Pacet  Kabupaten Cianjur menjadi salah satu icon unggulan, selain didukung oleh lahan yang subur juga dilakukan oleh para petani yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan dibidang hortikultura yang memadai.

    Salah satu kelompok tani yang bergerak di bidang hortikultura adalah kelompok tani Cemerlang yang berada di Kp. Buniaga RT. 04/ RW. 06 Desa Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, kelompok tani Cemerlang didirikan pada tanggal 13 Maret 2006.

    Produk hortikultura yang dibudidayakan oleh kelompok tani Cemerlang adalah komoditi sayuran dengan komoditi unggulan untuk sayuran daun adalah; letus ronsen, letus curli, selada kuning, selada merah, rad flayer, loro roso, aragula, rosmery, basilikum, pakcoy, sawi putih dan lain sebagainya umbi-umbian seperti bit, radits, lobak, wortel lokal, wortel impor, dan jenis buah seperti tomat apel, tomat cery, terong  dan lain sebagainya.

    Menurut Ketua Kelompok Tani Cemerlang Bapak Ace Saepulloh, sayuran yang dibudidayakan oleh anggota kelompok tani Cemerlang sudah menembus pasar supermarket yaitu ke; Green Luck, Papaya, Kamome Kamcik di daerah Jakarta. Selain ke supermarket juga komoditi unggulan kelompok tani Cemerlang masuk ke hotel-hotel seperti ; Novel Hotel dan Lido Like Hotel yang berada di daerah Bogor, Hotel Pangrango Sukabumi, sedangkan ke lestoran dan makanan cepat saji seperti ke KFC di Bogor dan Asuka Lestoran Cikarang.

    Keberhasilan kelompok tani Cemerlang tentunya bukan tanpa hambatan, banyak sekali hambatan-hambatan yang menghadang seperti kerjasama antar anggota, permodalan dan pengetahuan teknologi budidaya. Namun menurut ketua Kelompok Tani Cemerlang alhamdulillah hal tersebut dapat teratasi karena mendapatkan bimbingan dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan khususnya melalui petugas penyuluh lapangan Ibu Ida Farida, SP. Adapun bantuan-bantuan dari pemerintah yang telah diterima seperti; program PUAP, springkel, pertanian organik, dan lain sebagainya. Sehingga dari bantuan tersebut dapat meningkatkan peluang pasar dan utamanya dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota kelompok tani Cemerlang.

    Prestasi kelompok tani Cemerlang khususnya dalam bidang administrasi adalah Tahun 2007 mendapatkan Juara I kelompok tani terbaik dalam bidang administrasi, dan sebagai hadianya adalah berupa uang sebesar Rp. 20 Juta, dan uang tersebut dibelikan untuk sarana produksi seperti; benih, pestisida nabati, dan lain sebagainya, sehingga seluruh anggota mendapatkan manfaat dari hadiah prestasi tersebut.

    Menurut R. Wibowo (kepala seksi SDM dan Pemasaran) Pada tahun 2008 kelompok tani Cemerlang sudah dapat memperkerjakan tujuh orang karyawan tetap dan sekarang 2010 sudah bertambah menjadi lima belas orang karyawan tetap, mulai dari pencucian, sortasi, grading, pengemasan, labeling, sampai dengan pengangkutan ke berbagai daerah tujuan pasar.

    Harapan pengurus kelompok tani Cemerlang adalah, mudah-mudahan dapat terus meningkatkan kerjasama dengan para pengusaha supermarket, untuk itu menurut ketua bagi yang mau kerjasama dapat mengubungi ke alamat sekertariat kelompok tani Cemerlang yaitu di Kp.Buniaga RT. 04/ RW. 06 Desa Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, nomor telepon (0263) 517036 atau ke nomor HP Ketua Kelompok Tani Cemerlang Bapak Ace Saepulloh (087820111609), mudah-mudahan kemajuan di kelompok tani Cemerlang Desa Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur bidang budidaya dan pemasaran sayuran dapat dijadikan contoh oleh para petani sayuran di seluruh Indonesia. Semoga...

    (telah dimuat di TABLOID SINAR TANI)

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: