BAGAIMANA CARA MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAR MATA PADA KAMBING

Posted on
  • Jumat, 15 Oktober 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :

    Ternak kambing merupakan salah satu penghasilan bagi para peternak atau petani di daerah pedesaan, namun kadang-kadang dihadapkan pada kendala seperti kambing terjangkit penyakit bular mata. Hari ini, saya berikan solusinya, dimana refensi pokok diperoleh dari Tabloid Sinar Tani.
    Salah satu penyebab penyakit bula mata (selaput/katarak) pada kambing adalah karena bakteri dan virus. Penyakitnya dinamakan radang selaput mata atau ping eye. Dimana mula-mula mata kambing terinfeksi oleh bakteri dan atau virus. Infeksi bisa menyebabkan mata kambing berair, kemerahan pada bagian yang putih dan kelopaknya, lalu matanya bengkak dan lama kelamaan kornea matanya menjadi keruh atau tertutup lapisan putih.
    Infeksi mata kambing seperti ini sering terjadi pada ternak yang mengalami perjalanan jauh. Penyakit ini dapat menular, sehingga anda harus hati-hati menjaga ternak yang lain. Cara yang paling tepat adalah:
    Pertama, ternak yang sakit mata sebaiknya dipisahkan dari ternak yang masih sehat agar ternak tersebut tidak tertular. Dan masa inkubasi penyakit ini adalah 2-3 hari, tetapi dapat juga sampai 3 minggu. Pada proses inkubasi itu, mata kambing basah dan lebih sering tertutup. Bulu mata sering melekat, akibatnya kambing akan sulit mengambil pakannya dengan baik dan kondisi ini akan menyebabkan penurunan bobot badan dengan cepat.
    Kedua, jangan mencampurkan pakan pada saat pemberian rumput dan pemberian air pada ternak yang sudah terkena penyakit bular mata. Ini untuk menghindari tercemarnya dan tertularnya penyakit yang melalui rumput, air atau melalui lalat.
    Ketiga, hati-hati terhadap debu, karena penyakit ini juga sering terjadi pada musim panas sehingga banyak debu dan meningkatnya populasi lalat musca autumnalis sebagai vektor.
    Keempat, jangan terlalu padat ternak dalam kandang, karena hal ini akan memicu terjadinya penyakit.
    Kelima, sediakan selalu obat-obat antibiotik seperti tetrasiklin atau tylosin. Salep mata atau larutan yang mengandung antibiotik seperti chloramphenical, oxytetracycline dan campuran penicilinstreptomycin. Lakukan sedini mungkin, atau anda bisa mengoleskan salep terramycin 0,1 % biasanya mata kambing akan sembuh dalam 1-2 minggu.
    Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi anda, sekarang bagaimana, apakah ternak anda pernah terjangkit penyakit bular mata? Silahkan bagi ilmu dan pengalaman anda disini…

    2 komentar:

    iwan19991 mengatakan...

    mungkin peternak kurang memperhatikan kebersihan kandangnya ya pakk,,,

    dedi sopandi mengatakan...

    yg dimaksud dgn pnykit bular mata itu smcam pnyakit apa pak ?

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: