PENYERAPAN TENAGA KERJA DI BISNIS JAMUR TIRAM

Posted on
  • Rabu, 06 Oktober 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :

    Jamur tiram (oyster mushroom) merupakan jamur yang sudah banyak di budidayakan di Kabupaten Cianjur. Disamping itu cuaca dan kondisi di Kabupaten Cianjur khususnya di Kecamatan Pacet sesuai untuk tumbuh dan berkembang biaknya jamur tiram. Karena tingkat keasaman pH antara 6-7, suhu udara 16-22 oC, kelembaban 60-70%. Harga di pasaran juga terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.
    Dalam rangka memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat dengan kualitas jamur yang baik dikonsumsi dan ramah lingkungan sesuai dengan standar operasional yang telah ditentukan baik dalam sistem budidaya maupun pada saat penanganan pasca panen pengolahan dan pemasaran.
    Budidaya jamur tiram organik sangat diperlukan untuk mewujudkan program pemerintah tersebut. Salah satu yang giat membudidayakan jamur tiram di Kecamatan Pacet adalah kelompok tani Richky, sejak mulai dibentuk berusaha untuk meningkatkan daya saing dan menciptakan produk-produk olahan yang bervariasi untuk mendukung dan mewujudkan program-program yang telah diarahkan oleh pemerintah.
    Prospek pasar untuk jamur tiram dari kelompok tani Richky adalah ke Jakarta. Hal ini berimbas pula pada penyerapan tenaga kerja di sekitar lingkungan kelompok tani yang mayoritas pemuda dan ibu-ibu rumah tangga, yang tidak terlalu membutuhkan pendidikan formal. Diharapkan dengan adanya kelompok tani Richky dapat terus membantu perekonomian petani di Kecamatan Pacet. Semoga...

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: