7 RAHASIA TERSEBUNYI DARI BUAH RAMBUTAN


Buah Rambutan atau dalam bahasa latinnya adalah Nephelium lappaceum L. banyak ditanam sebagai pohon buah, yang sekarang lagi rame-ramenya ditanam dipot taman rumah. Tentunya menjadi peluang usaha dan sangat menarik minat para pengusaha pertanian atau agribisnis tanaman buah-buahan. Ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang dapat anda ketahui, mulai dari biji, daun hingga kulitnya. Jadi kalau mau nyoba bisnis herbal dari rambutan ini bisa juga tuch.. Sudah penasaran? Ok langsung saja baca beberapa manfaat buah rambutan berikut ini:
Pertama, mengatasi Sariawan. Caranya adalah cuci kulit kayu rambutan (tiga ruas jari), lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat.
Kedua, menurunkan kadar gula darah. Biji buah rambutan sangat berkhasiat menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik). Bagaimana caranya? Yaitu ambilah lima buah rambutan yang sudah masak, pisahkan bijinya. Potong biji rambutan menjadi bagian-bagian kecil, lalu sangria sampai berwarna kuning kehitaman. Giling halus sampai menjadi bubuk. Masukkan seluruh bubuk ke dalam cangkir, seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum bagian air yang bening sekaligus buang ampas atau endapannya. Lakukan sebelum makan sebanyak 1-3 kali sehari, tergantung pada seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi ini. Konsumsi setiap hari jika perlu.
Ketiga, mengobati kencing manis. Untuk anda yang mengalami Kencing manis silahkan sediakan 5 (lima) biji rambutan lalu gongseng dan giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus 1-2 kali sehari.
Keempat, disentri. Untuk mengobati disentri caranya adalah cuci kulit buah rambutan (10 buah), potong-potong seperlunya. Tambahkan tiga gelas minum air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah ,dingin, saring dan minum sehari dua kali, masingmasing tiga perempat gelas.
Kelima, mengobati demam. Caranya; cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 g). Tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
Keenam, Menghitamkan rambut beruban. Nah ini cocok bagi anda yang memiliki rambut beruban, bisa di coba juga nich… bagaimana caranya? Berikut caranya; cuci daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk merata sampai menjadi adonan seperti bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Gunakan air yang terkumpul untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
Ketujuh. Buah rambutan mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tanin dan saponin. Kulit batang mengandung tanin, saponin, flavonoida, pectic substances, dan zat besi.

Bagaimana, sekarang udah tau kan manfaat dari buah rambutan. Apakah anda sering makan rambutan? Kalau ya bisa dicoba juga manfaat di atas, setuju ga?

Posting Komentar

5 Komentar

  1. saya kira hanya buat makanan saja ternyata di balik manisnya rambutan ada manfaat lainnya.

    nice info juragan

    BalasHapus
  2. @Gei Senkei : betul gan, banyak hal yang telah di ciptakan SangMAHA pencipta, namun kita hanya sedikit mengetahuinya termasuk di rambutan ini, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  3. @SuryaPost.com : mantab, terima kasih gan, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  4. wahh,,, banyak juga ya manfaatnya,,, ga sekedar daging rambutannya yang bermanfaat ( bermanfaat mengenyangkan perut.. hehehe )
    like this lah pa abdul...

    BalasHapus

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!