AGRIBISNIS PALA SEMAKIN MENGGIURKAN

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauanBandaMaluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempahbuah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi sampai dengan sekarang.
Seperti yang diberitakan kompas (12/1/2011) bahwa akhir-akhir ini harga pala terus meroket, harga mencapai titik tertinggi dibandingkan dengan yang pernah terjadi. Kenaikan harga tersebut disebabkan tingginya permintaan pasar, sementara pasokan pala dari petani sudah menipis seiring dengan berakhirnya masa panen. di Ambon, Maluku, Rabu (12/1/2011), biji pala yang dibeli dari petani kini seharga Rp 80.000-Rp 90.000 per kilogram. Adapun harga bunga pala Rp 185.000-Rp 200.000 per kg.
Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar (seperti eggnog). Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun.
Sebelum dipasarkan, biji dijemur hingga kering setelah dipisah dari fulinya. Pengeringan ini memakan waktu enam sampai delapan minggu. Bagian dalam biji akan menyusut dalam proses ini dan akan terdengar bila biji digoyangkan. Cangkang biji akan pecah dan bagian dalam biji dijual sebagai pala.
Anda memiliki kebun pala? Silahkan masih terbuka luas peluang untuk pemasarannya. Selamat beragribisnis pala…

Posting Komentar

8 Komentar

  1. negara kita dulu dijajah karena pala....harusnya indonesia bisa menjajah agribisnis juga dengan pertaniannya..

    semoga pemerintah kita bisa lebih baik
    hidup pertanian indonesia

    BalasHapus
  2. wah artikelnya mantap...saya suka artikel bisnis,

    BalasHapus
  3. @SuryaPost.com : Terima kasih gan, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  4. di depan rumah kakek saya ada tumbuh 3 pohon pala ,, tapi sayang kurang diperhatikan padahal daya jual buah pala itu sangat tinggi ya...

    BalasHapus
  5. Siti Charisah berkata:
    Pala bumbu dapur buat masak ayam ya pak? kiarain manisan pala dari Bogor ,beda ya pak? tapi gara -gara pala juga Indonesia dijajah Belanda

    BalasHapus
  6. Neneng Meida PASIM24 April 2011 pukul 14.57

    Selain bijinya banyak bermanfaat, dan kulitnya mantap untuk di jakdikan manisan. sy hanya tahu manisan nya saja tp sesudah baca blog ini sy jd tahu manfaat bijinya. Benar2 informasi penambah pengetahuan. Thank u sir

    BalasHapus
  7. Nining Meida PASIM24 April 2011 pukul 15.04

    whatttt biji pala,sy jd tahu manfaat setelah membacanya. makasih pak infonya

    BalasHapus
  8. Neneng Meida PASIM24 April 2011 pukul 15.07

    Biji2 an memang banyak manfaatnya klo di kaji secara dalam.

    BalasHapus

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!