3 CARA MENDESAIN ULANG JAJANAN CINCAU

Posted on
  • Jumat, 04 Februari 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Pernahkah anda membayangkan kalau jajanan yang sering ditawarkan di jalanan seperti Cincau menjadi bisnis yang lebih menguntungkan? Bagaimana caranya ya...

    Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana mendesain kembali jajanan cincau yang paling banyak digemari, oleh masyarakat.

    Anda tertarik? Ok, silahkan lanjutkan membaca janan cincau ini... Anda pasti sudah tahu bahwa ada dua jenis cincau yang umum dijajakan, biasanya didorong, terus yang ngedorongnya udah sepuh…hmmm jadi kasihan.

    Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: ไป™่‰, pinyin: xiancao). Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

    Eh malah ngebahas yang jualnya, bukan jualannya, ok ada dua jenis cincau yaitu cincau hijau dan cincau hitam. Anda tahu ga bahwa kata 'cincau' ini berasal dari dialek Hokkian, sienchau. yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara.

    Namun biasa, lidah orang Indonesia, kata tersebut kemudian lebih akrab, disebut cincau. Seperti kata Belanda kalau sama orang tua dulu di sunda disebut walanda. Tapi ga tau kalau di Pekanbaru atau di Sumatra Barat, apakah sama atau tidak…?

    Ok, kita kembali ke leptop!…Cylea barbata Myers merupakan tumbuhan yang menghasilkan cincau berwarna hijau. Cincau hijau sendiri bertekstur dan agak lebih padat dibanding dengan cincau hitam.

    Lantas apa yang harus dilakukan supaya jajanan ini bisa didesain ulang menjadi jajanan yang lebih menguntungkan dan digemari oleh semua kalangan masyarakat?, berikut caranya:

    Rubah Kemasan
    Kalau saya lihat, secara umum pedagang cincau, hanya mengandalkan kantong plastik transparan, untuk membungkus cincau tersebut, padahal kalau mau meningkatkan nilai jualnya, perlu ada sedikit sentuhan inovasi kemasan agar lebih menari dan meningkatkan hasrat untuk membeli.

    Desain Kemasan Cincau yang lebih menarik pasti membuat orang tidak malu lagi kalau mau makan cincau, misalnya makan cincau diangkot, makan cincau ditempat ramai dan lain sebagainya, coba aja makan cincau yang pake plastik transparan, ditempat ramai atau diangkot, surupuuut…hmmm, kebayang orang liatin…

    Rubah Image negatif
    Image negatif yang sekarang terjadi pada pedagang cincau adalah, tidak sehat, terlihat tidak bersih. Padahal kalau mau merubah image negatif pada cincau ini, bisa dilakukan dengan tempat dagangnya yang bersih, pedagangnya juga rapih, kemasannya juga terlihat bersih.

    Buat Variasi Rasa
    Coba rasa cincau bagaimana? Ya gitulah…kenyal-kenyal dicampur gula sugeer… namun kalau mau lebih menarik, anda bisa menambah variasi rasa cincau, misalnya ada rasa strobery, rasa jeruk dan lain sebagainya, atau kalau kreatif cincau dicampur dengan buah-buahan boleh juga tuh… dijamin pasti akan meningkatkan nilai jual cincau.

    Keberhasilan para wirausahaan muda, terutama yang mengangkat jajanan-jajanan jalan menjadi jajanan kelas elite. Hanya bermodalkan keberanian mendesain ulang jajan jalanan ini menjadi lebih kreatif dan inovatif.

    Saya rasa cukup tiga dulu ya, cara mendesain ulang jajanan cincau ini, tapi kalau ada yang mau menambahkan supaya jajanan cincau lebih menarik dan tentunya lebih menguntungkan, silahkan berbagi…

    43 komentar:

    Asis Sugianto mengatakan...

    wah,,, ternyata makanan cincau bisa di desain yach sob?? kayak barang aja di desain.. heheheh

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Asis Sugianto : Betul mas Asis Sugianto, bisa. Hmmm Bagaimana judulnya menarik ga?, mudah-mudahan dibaca sampai tuntas. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    SuryaPost.com mengatakan...

    sebuah ide yang menarik...dan kebetulan saya juga penggemar cincau. memang kemasan menjadi daya tarik utama untuk calon pembeli. kita bisa belajar dari kesuksesan air mineral Aqua.... hanya air putih dalam kemasan...nice info sob.

    SuryaPost mengatakan...

    oh ya gan, satu lagi...dulu saya pernah makan puding yang rasanya agak agak pedas manis, saya gak tau ternyata itu terbuat dari cincau...hmm rasanya unik..saya lupa namanya apa, tapi pas saya travelling ke luar kota saya menemuinya. unik dan langka..yang datang pun bejibun, meski dengan lesehan dengan tikar di bawah pohon.boleh di jadikan inspirasi.

    BRI Jakarta Veteran mengatakan...

    saya suka Cincau tapi baru disini tahu lebih detail, makasih sahabat atas infonya.

    SuryaPost mengatakan...

    @BRI Jakarta Veteran

    ternyata kita sama sama penyuka cincau ya....

    Abdul Sidik mengatakan...

    @SuryaPost.com : ya semoga tidak hanya jajanan cincau yang dapat didesain ulang, namun wirausahawan muda lebih kreatif dan inovatif, satu sisi melestarikan makanan khas budaya kita sisi lain meningkatkan profit. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @SuryaPost : Itulah hasil kratifitas dan inovasi yang masih jarang dilakukan. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @BRI Jakarta Veteran : ternyata tidak hanya saya aja yang suka makan cincau, banyak juga ya. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    SuryaPost mengatakan...

    @Abdul Sidikbetul gan....otak manusia itu memang canggih, tapi masih jauh lebih canggih otak sang pencipta, makanya kita tetap diwajibkan harus bersyukur...bener gak sob?

    Abdul Sidik mengatakan...

    @SuryaPost : Yuup, betul banget gan...

    Muhammad A Vip mengatakan...

    cincau rasa strowberry? wah gak oke kayaknya, kalo mau inofasi mungkin bukan pada rasanya tapi pada campurannya. bisa dicampur susu, campur gula, atau gak usah dicampur apa-apa. biarlah cincau dengan rasa khasnya.

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Muhammad A Vip : yang kreatif dan inovasi itu membuat suatu yang aneh dan unik sehingga orang-orang penasaran. Padahal bahan dasarnya tetap aja cincau. Kalau cincau biasa, hmmm itu sih biasa-biasa aja, tidak perlu dimodifikasi. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    promo kartu kredit mengatakan...

    @Asis Sugianto

    Ops... Bisa yah?.... Cincau rasa buah?....
    Pasti enak tuh Bro... GW kan pecinta cincau juga...
    terima kasih

    vernan mengatakan...

    betul,betul,betul di era moderen sekarang tentunya segala sesuatunya harus di sajikan menarik karena konsumen sekarang lebih variatif dibandingkan dulu dan pelayanan pun harus lebih dipertimbangkan tentunya guna mendongkrak penjualan selain harga yang bersaing.

    Erdien mengatakan...

    Lumayan kreatif juga idenya neh!

    a-pub mengatakan...

    wah baru denger nih, kalo cingcau bisa bermacam-macam rasa. ide yang kreatif...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @promo kartu kredit : Kalau dengan kratifitas dan inovasi kenapa tidak, yang penting laku dan menguntungkan. Betul tidak? salam sukses dan semoga sehat selalu

    Abdul Sidik mengatakan...

    @vernan : Setuju banget..., wah mas vernan ketularan upin dan ipin nich? itu ada ciri khas nya "betul, betul, betul. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Erdien : Bisa dicoba gan? yang penting tidak hanya cincau, anda kalau punya produk apapun harus kreatif dan inovatif kalau mau meningkatkan nilai jualnya serta menghasilkan profit yang tinggi...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @a-pub : nah hanya di www.abdulsidik.com anda akan menemukan hal-hal yang unik, karena benar-benar pemikiran dan ide penulis sendiri, maaf tidak copy paste dari blog orang lain... "hmmm promosi dech..." Ok, jangan sungkan gan untuk terus memberikan kontribusi komentarnya. salam sukses dan semoga sehat selalu...

    PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

    Wah bisa membantu pedagang-pedagang cincauo untuk lebih berkreatif memodifikasi cinau yg ditawarkannya

    Abdul Sidik mengatakan...

    @PIK Remaja Al-Hikmah : Mudah-mudahan, Amin. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Teras Info mengatakan...

    cincau itu menyegarkan, Mas...
    apalagi kalau pas cuaca lagi panas-panasnya...wahhh..makin nikmat saja..he..he...

    terimakasih banyak atas info cincaunya, MAs...

    Tukang Sapu Jalanan mengatakan...

    Cincau menyehatkan,..
    obat panas dalem kalau kata babeh saya... :D

    iMemovaz mengatakan...

    Mantap.. trnyata bs jg di modif,hehehe... kyk motor aja :D

    http://www.imemovaz.com

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Teras Info : Bener mas, pasti seger... cincau cincau kau memang kenyal dan menyegarkan...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Tukang Sapu Jalanan : Betul Cincau memang selain menyegarkan juga menyehatkan, asal proses pembuatannya benar-benar bersih pasti menyehatkan.

    Abdul Sidik mengatakan...

    @iMemovaz : Betul mas, tidak hanya motor cincau juga bisa di modif, sebenarnya ngasih judulnya aja "Mendesain Ulang" jadi kaya di modif, ha ha ha, tapi gimana menarik ga judulnya?

    syahida mengatakan...

    Cincau ini termasuk minuman ( betul minuman ya shob .. )kesukaan saya. Selain segar bisa juga mengobati rasa haus. Dan membuat lambung lebih dingin, bisa juga mengobati panas dalam .. ( katanya ... )

    Abdul Sidik mengatakan...

    @syahida : Ya setuju. Memang banyak manfaat yang diperoleh dari cincau ini.

    intuisiblog.com mengatakan...

    wah.. keliatannya nikmat

    Abdul Sidik mengatakan...

    @intuisiblog.com : Silahkan dicoba-coba...satu gelas 7.000 cincau cincau, ha ha ha kaya yang jualan aja...

    iwan19991 mengatakan...

    Hmmm... bnr2 bisnis yang menggiurkan,,,apalagi kandungan2 yang ada pada cincau ini sangat bermanfaat untuk kesehatan( kalau diolah dengan benar ),,, dan jajanan cincau ini masih bertahan dari zaman batu sampai sekarang karena digemari anak2 sampai manula,,, hehehe

    Abdul Sidik mengatakan...

    @iwan19991: Ya agribisnis yang kecil-kecilan kaya Cincau tentu saja kalau mendapat sentuhan inovatif dan kreatifitas pasti akan lebih menarik...

    Media update mengatakan...

    Memang benar sebuah produk meski hanya jenis cincau kalo kemasan dan variasi rasa dan tak lupa juga gan tempatnya yg seperti produk pilihan gerobak modern itu akan jadi nilai tambah

    iwan19991 mengatakan...

    iya pa abdul,,, bisnis cincau ini sangat menjanjikan bila ditambah kreatif dan inovatif,, apalagi bisnis c cincau ini dibantu "imagenya" sebagai makanan yang menyehatkan....

    Scharisah mengatakan...

    Siti Charisah mengatakan ;.....
    Cincau dapat mengobati panas dalam, dan mudah untuk mendapatkannya,apalagi eskrim cincau sekali mencoba pasti ketagihan deh, (ada cincau,gula merah,santan kelapa sebagai pelengkap dicampur dengan es krim ), mak'nyuzzzzzzzzzz.

    Neneng Meida PASIM mengatakan...

    Betul Es krim Cingcau pokonya mantap.....ma'nyoooos. Desain yg memakai cup...sehingga bs d makan di mobil n simple.

    Nining Meida PASIM mengatakan...

    pengen cingcauuuuuuu,,,,setelah melihat gambar di atas jd pengen beli lg es krim cingcau di dpn RSU. Cjr

    Rika Yuliana mengatakan...

    Kalo semua tukang cincau mengemas dagangannya kaya bgtu...pasti sangat menarik dan akan menambah pelanggan

    Rika Yuliana (010192197)

    desti sukmayani mengatakan...

    kya'n kl smua yg jualan cincau kreatif sprti nih bisa dpt untung byk yah....

    almiqdar mengatakan...

    ide yang cuemerlang.

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: