MENGUNGKAP KELEBIHAN IBM SPSS 19

Software statistik SPSS, merupakan salah satu sofware statistik paling populer dikalangan peneliti, sebenarnya apa kelebihan IBM SPSS versi 19, dibandingkan dengan versi sebelumnya?

Kalau minggu yang lalu, anda sudah membaca 4 SoftwareStatistik Paling Banyak Digunakan, hari ini saya akan mengungkap tentang kelebihan IBM SPSS versi 19. Semoga sahabat-sahabatku seperti SuryaPost, Teras-Info serta para blogger dan pembaca lainnya, dapat menikmati…hmmm emang menyajikan makanan!  

SPSS atau dulu singkatan dari: Statistical Package for the Social Sciences. Adalah program komputer yang dipakai untuk analisa statistika. Sejak tanggal 28 Juli 2009, SPSS disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare), karena perusahaan ini telah dibeli oleh perusahaan IBM dengan harga US$1,2 milyar. Untuk memperluas segmen pasarnya, kini SPSS berubah arti menjadi Statistikal Product and Service Solutions.

SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya sistem operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows (mulai dari versi 6.0 sampai versi terbaru sekarang).

Nah, versi terbaru sekarang adalah IBM SPSS versi 19. Sebenarnya apa sih kelebihan dari IBM SPSS versi 19 ini?, ayo kita usut, halaah… kaya penegak hukum aja!

Kelebihan dari IBM Statistik SPSS 19, adalah:

Generalized Linear Mixed Models. Membuat model yang lebih akurat, untuk memprediksi hasil non-linear.

Faster Performance. Kinerja lebih cepat - Untuk transformasi yang disusun dalam IBM SPSS Statistik Server dan sampai 200% mendapatkan kinerja untuk menghasilkan tabel pivot di IBM Statistik SPSS Base.

Statistics portal. Statistik portal – Kesesuaian dalam menyediakan kemampuan analisis berbasis Web kepada rekan-rekan dan pelanggan dalam IBM SPSS Statistik Server.

Automatic Linear Models. Otomatis Linear Model – sehingga memungkinkan anda membuat model linear lebih mudah dan otomatis di IBM Statistik SPSS Base dan SPSS Statistik Server IBM.

Syntax Editor. Sintaks Editor – Dengan menu ini anda, akan dihadapkan pada kemudahan penggunaan perangkat tambahan untuk menulis sintaks di IBM Statistik SPSS Base dan modul.

Default Measurement Level. Secara otomatis set tingkat pengukuran Anda selama analisis di IBM Statistik SPSS Base dan modul.

Direct Marketing. Kemudahan mengakses model pre-built, cara yang lebih baik pada data skor, dan akses ke informasi pelanggan dalam Salesforce.com dari modul SPSS IBM Pemasaran Langsung, IBM Statistik SPSS Base dan modul lain.

IBM System z Support. Kemampuan untuk mengoperasikan versi server IBM Statistik SPSS Base dan modul di server kuat IBM mainframe.

Dengan beberapa kelebihan tersebut, membuat anda semakin mudah dan cepat dalam pengoperasiannya. Nah biasanya suka ada yang nanya gimana cara mendapatkannya? Ini saya kasih versi free trialnya, lumayan bisa dipakai selama 14 hari. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi www.spss.com.

Demikian, sekilas tentang kelebihan IBM SPSS 19 telah saya ungkap, ada yang mau menambahkan? Semoga bermanfaat bagi anda…

Posting Komentar

21 Komentar

  1. wah..dalam ilmunya tentang spss, mesti sedikit agak gak mudeng tapi mulai sedikit tertarik dengan dunia spss, kira kira untuk orang yang awam dengan spss, saya masih bisa gak ya belajar...?

    BalasHapus
  2. @SuryaPost.com : Biasa kalau awal-awal suka seperti itu, pusing...tapi kalau tahap demi tahap dilalui insya Allah akan bisa! salam sukses dan sehat selalu...

    BalasHapus
  3. langsung ke TKP deh, Mas...
    belajar spss nya sambil berjalan, perlahan..he..he..


    O ya, terimakasih banyak, nama saya nongkrong diartikel blognya, MAs..makasih...


    salam persahabatan, Kawan..

    BalasHapus
  4. @Teras Info : Ok, mantab...sama-sama kita saling kerjasama aja gan dalam pengembangan blog kita, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  5. informasi yg menarik dan banyak manfaatnya, salam.

    BalasHapus
  6. @BRI Jakarta Veteran : Salam juga gan, sukses dan semoga sehat selalu

    BalasHapus
  7. sepertinya saya belum akan memakainya, statistiknya sendiri saya tidak tau buat apa hihi

    BalasHapus
  8. Wah kayaknya boleh nih dipratekan :D
    thank's gan :)

    BalasHapus
  9. @iam : Mudah-mudahan bermanfaat, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  10. @Gugun : Sering-sering aja mampir gan, nanti bisa saling diskusi tentang Aplikasi software statistik. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  11. wah perlu di pelajari nih..
    salam kenal jika berkenan follow n kunjungi balik.

    BalasHapus
  12. wah saya baru tahu nih kelebihannya sob,,,,

    BalasHapus
  13. gan, minta script top komentatornya dong..kirim ke emailku ya

    BalasHapus
  14. @Alif Ilmu : Terima kasih Alif sudah berkunjung, saya langsung ke TKP ya buat follow-nya. semoga anda sukses dan sehat selalu...

    BalasHapus
  15. @Asis Sugianto : ya mas Sugianto mudah-mudahan bermanfaat dan sering-sering mampir ya. Salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  16. @SuryaPost.com : Ok gan, langsung di kirim ya... cek aja di email, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  17. biar tak coba dl ilmu bapak ini lah

    BalasHapus
  18. wah banyak sekali kelebihannya, nice info and keep posting !

    BalasHapus
  19. @situsonline : Ok, terima kasih semoga anda sukses dan sehat selalu...

    BalasHapus
  20. @Informasi Unik Rahasia Umum : Terima kasih, semoga bermanfaat, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  21. Trimakasih ilmunya,.sangat membantu saya

    BalasHapus

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!