REFRENSI SKRIPSI MSDM: DEFINISI ORGANISASI

Posted on
  • Selasa, 27 September 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Referensi Skripsi MSDM: Definisi Organisasi - Kalau beberapa hari yang lalu saya memposting tentang Referensi Skripsi Perikanan tentang Kapal dan Nelayan, Nah hari ini saya posting Referensi Skripsi tentang organisasi, referensi ini saya rangkum dari berbagai sumber, bagi anda yang sedang mencari tentang teori-teori organisasi silahkan dibaca-baca ya…

    Organisasi pada dasarnya merupakan konfigurasi peran formal, prosedur, tata kelola, mekanisme pengendalian, kewenangan, dan proses pengambilan kebijakan. Pengertian dasar organisasi menurut beberapa pakar sesuai dengan perkembangannya adalah sebagai berikut:

    Robbins (1994:4) mendefinisikan organisasi adalah: “Kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasikan, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan”.

    Selanjutnya Robbins (2006:4) menyatakan; “Karena organisasi didirikan untuk mencapai sasaran, seseorang harus menetapkan sasaran tersebut dan upaya untuk mencapai sasaran tersebut dan manajemen adalah orang itu”

    Siagian (2003:37) selanjutnya mendefinisikan organisasi sebagai: “Sekelompok orang yang terikat secara formal dan hirarkis serta bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya”.

    Dalam mendefinisikan manajemen sumber daya manusia, Flippo (Sirait, 2006:4) menyatakan bahwa: Personel management is the planning, organizing, directing and controlling of the procurement, development, compensation, integration, maintenance, and separating of human resources to the end that individual, organizational and societal objectives are accomplished. (Manajemen sumber daya manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari pada pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia ke suatu titik akhir dimana tujuan – tujuan perorangan, organisasi dan masyarakat terpenuhi).

    Pusdiklatwas BPKP (2002; 19) mendefinisikan: “Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama-sama serta secara formal saling terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan”. 

    Sedangkan Syamsi (1994:13), organisasi dapat diartikan 2 (dua) macam yaitu: (1) Dalam arti statis, organisasi sebagai wadah bersama sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu; (2) Dalam arti dinamis, organisasi sebagai suatu sistem, atau kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi juga dapat diartikan sebagai sistem sosial dan dibentuk atas dasar kepentingan bersama.

    Raymon E. Miles dalam Gomes (2003:23) memberi batasan mengenai organisasi sebagai berikut :“…an organization is nothing more than a collection of people grouped together around a technology which is operated to transform inputs from its environment into marketable goods of service.”

    Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 3 unsur utama dalam suatu organisasi, yaitu;
    • Organisasi memiliki kegunaan atau tujuan. Keberadaan suatu organisasi pada dasarnya dibentuk untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,
    • Organisasi terdiri dari sekelompok manusia. Sekelompok mesin dalam suatu kantor atau pabrik bukanlah merupakan suatu organisasi, tetapi orang-orang yang bekerja pada kantor atau pabrik tersebut itulah yang merupakan organisasi.
    • Organisasi itu sendiri merupakan wadah bagi sekelompok manusia untuk bekerja sama.

    Berdasarkan pendapat para pakar tersebut, maka organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama yang terikat secara formal dan hirarkis, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Referensi Terkait tentang Organisasi:
    • Robbins, Stephen P. 1996. Organizational Behaviour Concept. Contraversies. Applications. New Jersey: Prentice Hall International Inc.
    • Organizational Behaviour. Tenth Edition. 2003. New Jersey: Person Education Inc. Indonesia: Gramedia.
    • Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
    • Sirait, Justine. 2006. Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Grasindo.
    • Gomes, C. Faustino. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET

    "Bila Kesulitan pengolahan data penelitian dengan SPSS, silahkan miliki panduan Smart SPSS di sini"

    "Bila ada waktu, klik SUKA di Url ini yach..."

    Semoga bermanfaat referensi skripsi atau tesis tentang organisasi ini dapat bermanfaat, bila anda memiliki referensi lain tentang organisasi, Mari bantu rekan-rekan kita dengan cara mencantumkannya di kotak komentar….

    1 komentar:

    cita mengatakan...

    mkasih bos infonya

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: