EMPAT TEKNIK MERANGKAI SUJI AGAR MENJADI SUMBER UANG

Posted on
  • Jumat, 14 Oktober 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
     Empat Teknik Merangkai Suji Agar Menjadi Sumber Uang – Pernahkah anda melihat rangkaian suji yang tampak indah, cantik dan menggoda? Ya Suji (dracaena sanderiana) atau Lucky tree dikenal sebagai tanaman hias yang biasa ditanam sebagai pagar-pagar rumah di pedesaan. Namun dengan berkembangnya permintaan pasar dari luar negeri, prospek pemasaran produk dracaena menjadi lebih cerah, terutama untuk jenis dracaena sanderiana.

    Dracaena banyak dikembangkan di daerah Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis dan Pandeglang. Mungkin didaerah anda ada? Kalau ada kenapa tidak dijadikan sumber penghasilan betul tidak? Bisnis apa saja yang penting hallal… :) . Agar suji ini dapat lebih menarik dan mahal. Anda harus mampu menyajikannya dalam bentuk rangkaian suji yang indah dan menarik.

    Berikut teknik-teknik merangkai suji.

    Pertama, buatlah sketsa bentuk rangkaian terlebih dahulu, untuk mudahnya menaksir kebutuhan jumlah serta ukuran panjang potongan batang suji. Batang suji dipotong-potong dan selanjutnya disusun menjadi rangkaian sesuai bentuk yang diinginkan.
    Susunan batang tersebut diikat erat-erat dengan karet gelang, tali rapia tau dengan kawat alumunium yang tak berkarat, sehingga menjadi bentuk berpilin seperti tangga, bertingkat seperti pagoda, dikepang seperti rambut atau dibuat melengkung berkelok-kelok.

    Warna daunnya yang polos atau yang bergaris putuh akan menambah uniknya kreasi rangkaian tersebut.

    Kedua, sebelum ditempatkan pada media tanam akhir rangkaian disemai terlebih dahulu. Masukan dan rendam bagian bawahnya ke wadah air bersih. Jaga volumenya agar stek suji tidak kekeringan.
    Dalam tingga minggu akar akan tumbuh. Setelah akar banyak dan kuat, rangkaian siap dipindahkan ke media akhir, berupa wadah berisi tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan (1:1:1). atau cukup air dengan batu hias ini akan lebih menarik, terutama kalau dipajang di pot transparan...

    Ketiga, untuk mempercantik rangkaian, tambahkan hiasan pita emas untuk menutupi ikatan karet atau rapia, sehingga penampilannya menjadi lebih mewah.
    Perawatannya relatif mudah, jangan biarkan medianya kekeringan terlalu lama, apabila medianya mulai kering tambahkan air secukupnya.
     
    Keempat, pilihlah pot yang menarik dan indah. Sesuaikan dengan ide rangkaian suji yang telah anda buat, cobalah disimpan ditempat-tempat yang strategis. Misalnya ruangan tamu, sehingga bila ada tamu yang tertarik bisa sekalian aja ditawarkan… :)
     
    Semoga Empat Teknik Merangkai Suji Agar Menjadi Sumber Uang, benar-benar dapat menghasilkan uang, dan dapat menambah hoki anda. Anda sudah pernah merangkai dan menjualnya? Silahkan berbagi sukses disini….

    Sumber Photo: http://forum.tamanroyal.com

    10 komentar:

    Sagala mengatakan...

    Perlu dicoba nih, di rumah saya banyak tanaman yang dibiarkan begitu saja hanya dalam pot standar, untuk tanaman lain ide ini bisa juga kali ya.

    Paket Wisata Bali mengatakan...

    enak juga berbisnis seperti ini ya

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Sagala: intinya asal kita kreatif dan inovatif serta mampu menciptakan pasar. Pasti bisa jadi seorang yang sukses di bidang Agribisnis... :)

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Paket Wisata Bali: Kalau bahan bakunya melimpah layak dicoba...

    Busana Pria Casual mengatakan...

    simple bisnis tp mengasyikkan ....
    sukses slalu mas bro ...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Busana Pria Casual: Semoga jadi inspirasi agribisnis anda

    Max mengatakan...

    Slmt siang Pak Abdul, saya tertarik dengan lucky bamboo ini. Dimana saya bisa mendapatkan bibit atau bambu yg sudah jadi.Apakah bapak ada tips utk merawat lucky bamboo ini.tq

    Agustian Bintara mengatakan...

    Bos ada jual bibitnya gak,,

    Agustian Bintara mengatakan...

    Bos ada jual bibitnya gak,,

    Unknown mengatakan...

    cara biar bisa bentuk spiral melengkung gitu gimana y, itu apa yah yg buat nutup batang yg dipotong

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: