REFERENSI SKRIPSI: DEFINISI SUB TERMINAL AGRBISNIS (STA)

Posted on
  • Senin, 10 Oktober 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Referensi Skripsi: Definisi Sub Terminal Agrbisnis (STA) - Apa kabar sahabat semua? Semoga pada sehat yach… hari ini saya ingin berbagi referensi tentang Sub Terminal Agribisnis (STA), mungkin ada sebagian sahabat-sahabat mahasiswa atau para peneliti yang kesulitan mencari definisi-definisi Sub Terminal Agribisnis (STA).

    Hal tersebut berdasarkan pengalaman, saya dulu waktu penelitian yang mengambil kajian tentang Sub Terminal Agribisnis (STA) nyari sumber-sumber referensinya sulitnya minta ampun.

    Tapi hari ini saya akan bagikan untuk anda semua, Ok mulai saja definisi-definisi STA-nya adalah sebagai berikut:
    • Menurut Badan Agribisnis Departemen Pertanian (2000), STA merupakan infrastruktur pemasaran untuk transaksi jual beli hasil-hasil pertanian, baik untuk transaksi fisik (lelang, langganan, pasar spot) maupun non fisik  (kontrak, pesanan, future market). Sub Terminal Agribisnis diharapkan berfungsi pula untuk pembinaan peningkatan mutu produksi sesuai dengan permintaan pasar, pusat informasi, promosi dan tempat latihan atau magang dalam upaya pengembangan peningkatan sumberdaya manusia.
    • Subterminal Agribisnis menurut Tanjung (2001), merupakan infrastruktur pemasaran sebagai tempat transaksi jual beli hasil-hasil pertanian baik transaksi fisik maupun non fisik yang terletak di sentra produksi. Dengan demikian, penekanannya adalah bahwa STA merupakan sarana pemasaran yang dilakukan oleh produsen.
    • Menurut Sukmadinata (2001) memberikan batasan bahwa STA merupakan suatu infrastruktur pasar, tempat transaksi jual beli baik dengan cara langsung, pesanan, langganan atau kontrak. STA juga merupakan wadah yang dapat mengakomodasikan berbagai kepentingan pelaku agribisnis, seperti layanan informasi manajemen produksi sesuai dengan permintaan pasar, manajemen pengadaan sarana produksi, manajemen pasca panen (pengemasan, sortasi, grading, penyimpanan) serta kegiatan-kegiatan lainnya, seperti ruang pamer, promosi, transportasi dan pelatihan.
    • Karakteristik Subterminal Agribisnis dan batasannya, juga dikemukakan oleh Tambunan (2001), bahwa STA adalah untuk membantu transparansi pasar dengan cara kompilasi informasi tentang harga, serta jumlah penawaran dan permintaan yang sangat bermanfaat baik bagi produsen maupun bagi pihak manajemen pasar sehingga dapat menentukan tujuan dan waktu penjualan. Informasi ini memungkinkan produsen mengundur panen atau menyimpan produknya sampai harga lebih baik atau hingga fasilitas transportasi tersedia. Selain itu dapat membantu untuk membuat perencanaan produksi jangka panjang. Secara teoritis, peningkatan transparansi pasar dapat bertindak sebagai pemicu berfungsinya suatu pasar, membaiknya persaingan dan meningkatnya adaptasi untuk memenuhi kebutuhan penawaran dan oportuniti pasar. Penekanan dari adanya Sub Terminal Agribisnis  dititik beratkan untuk lebih mempertimbangkan manfaat terhadap pertumbuhan dan perkembangan wilayah pedesaan.
    Sumber referensinya adalah:
    • Badan Agribisnis, Departemen Pertanian. 2000. Petunjuk Teknis Pengembangan Sub Terminal Agribisnis. Jakarta.
    • Tanjung, D. 2001. Metode Analisis Kelayakan Pembangunan TA/ STA. Bahan Pelatihan. “Apresiasi Manajemen Analisis Kelayakan Terminal Agribisnis/ Sub Terminal Agribisnis, Distribusi dan Pergudangan". Cisarua tanggal 14-16 Agustus 2001.
    • Sukmadinata, T. 2001. Sistem Pengelolaan Terminal Agribisnis dan Sub Terminal Agribisnis Secara Terpadu Untuk Memberikan Nilai Tambah Pelaku dan Produk Agribisnis. Apresiasi Manajemen Kelayakan Terminal Agribisnis Subterminal Agrbisnis, Pergudangan dan Distribusi. Hotel Cisarua Indah, 14-16 Agustus 2001
    • Tambunan, A.H. 2001. Kriteria Rancangan Terminal Agribisnis/ Sub Terminal Agribisnis. Bahan Pelatihan “Apresiasi Manajemen Analisis Kelayakan Terminal Agribisnis/ Sub Terminal Agribisnis, Distribusi dan Pergudangan, Cisarua tanggal 14 Agustus 2001.
    "Bila Kesulitan pengolahan data penelitian dengan SPSS, silahkan miliki panduan Smart SPSS di sini"
    "Bila ada waktu, klik SUKA di Url ini yach..."


    Semoga referensi skripsi tentang definisi subterminal agribisnis (STA) ini, dapat bermanfaat, bila anda memiliki referensi tambahan tentang STA, mari berbagi dan bantu sahabat-sahabat kita yang sedang nyari referensi, carannya dengan mencantumkan di kotak komentar...

    6 komentar:

    Medicine Of Herbal mengatakan...

    infonya menarik banget mas abdul...
    keep blogging

    nature-pills mengatakan...

    cool mas...

    mainelyequal mengatakan...

    saya dgn senang hati bookmark site ini..thx mas

    Agus H mengatakan...

    bagus kang infonya.. tuker link yuks, link punyamu udah ada di blogku.

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Medicine Of Herbal: terima kasih sudah mampir, info web anda juga sama menariknya, namun ada satu yang ingin saya tanyakan. Kenapa tiga web tersebut sama yach? mungkin bisa berbagi cerita, strategi bisnis, atau lain2nya disini... :)

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Agus H: Terima kasih, saya sudah pasang link blog anda, yoook yang lain yang mau tukeran link di komen-komen saja disini... :)

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: