BAGAIMANA CARA ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF DI MINITAB? (Bagian 2)

Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab? (Bagian 2)Nah Ketemu lagi nich dengan pembahasan tentang minitab, pastikana anda sudah membaca Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab? (Bagian 1) yang beberapa waktu lalu sudah saya posting. Hari ini kita lanjutkan mengenai interpretasi/ penjelasan mengenai output hasil analisis statistik deskriptif dengan menggunakan Software Minitab.

Ingat penjelasan mengenai output hasil analisis statistik deskriptif ini menggunakan Software Minitab 16. Ok mulai saja…

Setelah anda mempraktekkan materi beberapa waktu lalu tentang Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab? (Bagian 1), tentunya anda akan memperoleh output mengenai; descriptive statistics: Nilai UAS, Individual value Plot of Nilai UAS vs Jenis Kelamin dan output mengenai Boxplot of Nilai UAS.

Ini adalah output descriptive statistics: Nilai UAS










Hasil output di atas menunjukkan bahwa:
  • Untuk mahasiswa berjenis kelamin laki-laki (1) mempunyai rerata nilai UAS sebesar 77,89 (mean: 77,89) dengan sebaran nilai UAS dari reratanya sebesar 26,86 (variance: 26,86). Dan bila anda membandingkan dengan mahasiswa rerata nilai UAS perempuan (2) sama saja, hanya beda dibelakang koma saja yaitu sebesar 77,82 dengan nilai variance sebesar 27,76 Jadi berdasarkan sebaran data berdasarkan jenis kelamin lebih variatif mahasiswa perempuan (2) dibandingkan dengan nilai mahasiswa laki-laki.
  • Ditinjau dari bentuk distribusinya, untuk mahasiswa laki-laki (1) mempunyai skewness sebesar – 0,63, nampak bernilai negatif sehingga bentuk distribusi berekor melenceng ke kiri. Adapun kurtosis sebesar – 0,59 juga bernilai negatif, begitu juga pada hasil skewness dan kurtosis mahasiswa perempuan (2).

Hal yang harus diingat dari output di atas adalah:
  • Mean adalah jumlah dari seluruh nilai data dibagi dengan banyaknya data/ kasus.
  • StDev (standar deviasi) adalah akar kuadrat positif dari variansi
  • Variance adalah jumlah kuadrat dari selisih nilai observasi dengan rata-rata hitung dibagi banyaknya observasi.
  • Q1 adalah kuartil ke satu, ingat arti kuartil adalah nilai-nilai yang membagi data yang telah diurutkan menjadi empat bagian yang sama, sehingga dalam suatu gugus didapat 3 kuartil (kuartil 1, kuartil 2/ Median dan kuartil 3).
  • Median adalah nilai tengah dari nilai-nilai pengamatan yang disusun secara teratur menurut besarnya data.
  • Q3 adalah kuartil ke tiga.
  • Range adalah selisih antara nilai maksimum dengan nilai minimum dalam suatu gugus data.
  • IQR (interquartil range) adalah jarak antara persentil 75 dan persentil 25.   
  • Mode adalah nilai yang mempunyai frekuensi terbesar dalam suatu kumpulan data.
  • Skewness adalah suatu ukuran yang dapat digunakan untuk menentukan miring tidaknya suatu kurva distribusi.
  • Kurtosis adalah tingkat menggunungnya suatu distribusi yang umumnya dibandingkan dengan distribusi normal.

Mengenai pembahasan output grafiknya akan saya bahas secara khusus di artikel berikutnya, semoga pembahasan mengenai Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab? (Bagian 2) dapat bermanfaat. 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. terimakasih ya pak

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak,,, sangat membantu artikelnya buat saya yang akan mulai penelitian,,,

    BalasHapus

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!