INILAH CARA PEMBERANTASAN HAMA DAN PENYAKIT BUNCIS

Posted on
  • Selasa, 08 November 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Inilah Pemberatan Hama Dan Penyakit Buncis (Bagian 1) Buncis (Phaseolus vulgaris L) sering dikonsumsi oleh kita, biasanya ditumis atau anda pernah mamasaknya lebih menarik? ya… budidaya Buncis membutuhkan waktu tanam sekitar 50 hari setelah tanam (HST), BUNCIS sangat cocok ditanam pada ketinggian antara 100-1000 m dpl, dengan pH tanah optimum antara 5,5-6,5.

    Bagi anda yang ingin sukses dalam agribisnis Buncis, tentunya harus memperhatikan pengganggu pada tanaman buncis tersebut. Hal yang harus diperhatikan tentunya yaitu tentang hama dan penyakit. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara pemberantasan Hama dan penyakit pada buncis yang paling dominan. Ada empat hama dan penyakit paling dominan yang banyak menyerang tanaman buncis.
     
    Pertama adalah Ulat Perusak Daun (Spodoptera litura, Plusia calchites dan Piezodorus sp.) Ketiga jenis ulat ini sering menyerang tanaman dengan cara memakan daunnya. Serangan Spodoptera litura lebih dominan daripada kedua jenis lainnya. Pada tingkat serangan parah, daun buncis bisa dimakan habis. Wah rakus bangetkan?

    Bagaimana cara pencegahan ulat perusak daun tersebut? Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:
    • Lakukan sanitasi lahan dengan benar.
    • Pasang perangkap kupu-kupu di beberapa tempat. Caranya yaitu dengan membalur perangkap kupu-kupu yang berbentuk lem seperti: Cherry Glue dan Glumon, menggunakan kuas ke botol bekas air mineral atau potongan pipa PVC.
    Cara pemberantasan ulat perusak daun adalah dengan cara:
    • Jika ditemukan telur-telurnya yang biasa menempel dibalik daun, segera pungut, kemudian gerus dan kubur.
    • Jika serangan sudah tingkat yang parah, semprotkan insektisida yang tepat. Patuhi anjuran dosis sesuai yang tertera di label kemasan.
    • Insektisida yang bisa digunakan diantaranya metindo 25 WP, Indodan 350 EC, Decis 2,5 EC dan masih banyak yang lainnya. Tinggal tanya saja ke toko pertanian tentang insektisida yang cocok untuk ulat perusak daun.
    Nah itu saja yach pembahasan mengenai Pemberatan Hama Dan Penyakit pada Buncis, Loooch..., katanya ada empat kok tiga lagi mana? Ok untuk sisanya, nantikan saja diartikel berikutnya yach… Bagi anda yang sudah pernah memberantas hama penyakit pada Buncis silahkan berbagi resep rahasianya disini…

    1 komentar:

    iin mengatakan...

    sangat bermanfaat sekali ...

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: