APLIKASI SOFTWARE STATISTIK YANG COCOK UNTUK SEM

Posted on
  • Rabu, 01 Februari 2012
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Aplikasi Software Statistik yang Cocok untuk SEM – Apa kabar sahabat semuanya? Semoga sehat selalu. Hari ini ijinkan saya berbagi mengenai “aplikasi software statistik yang cocok untuk Structural Equation Modeling (SEM)”. 

    Kalau saya mengutip pendapat dari Prof. Dr. Sugiyono (2010:323)  mengenai pengertian SEM, beliau menjelaskan bahwa SEM dapat dideskripsikan sebagai suatu analisis yang menggabungkan pendekatan analisis faktor (factor analysis), model struktural (structural model) dan analisis jalur (path analysis). Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Dr. Solimun (2002:65) Structural Equation Modeling (SEM) ada juga yang menyebutnya dengan Linear Structural Relations (LISREL) merupakan pendekatan terintegrasi antara analisis faktor, model struktural dan analisis path. Disisi lain SEM juga merupakan pendekatan yang terintegrasi antara analisis data dengan konstruksi konsep.

    Bila meninjau dari dua pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa di dalam analisis permodelan persamaan struktural (SEM) dapat dilakukan tiga macam kegiatan secara serentak, yaitu pengecekan validitas dan reliabilitas instrumen, pengujian model hubungan antar variabel dan kegiatan untuk mendapatkan suatu model yang cocok untuk prediksi.

    Kemudian aplikasi software statistik apa yang cocok untuk melakukan analisis SEM? Sebenarnya banyak sekali software-software statistik yang cocok untuk SEM, seperti LISREL, AMOS, EQS, LISCOMP, RAM, CALIS, COSAN, AUFIT, RAMONA, LINCS, MILS, Mx, SEPATH, Mplus, Biogeme, Matvec, Tetrad, WinBUGS, dan lain sebagainya.

    Adapun software statistik yang populer digunakan adalah sebagai berikut:

    LISREL (Linear Structural Relationship). LISREL adalah sebuah software yang dikembangkan khusus untuk menangani permasalah Structural Equation Modeling. LISREL dikembangkan oleh dua orang ahli psikologi pendidikan yaitu Prof. Karl Joreskog dan Prof. Dag Sorbom.
    LISREL menyedian dua versi yaitu versi berbayar dan versi Student, perbedanya pada versi student salah satunya adalah terletak pada banyaknya variabel yang dapat diolah.  Anda dapat mengunjunginya langsung di www.ssicentral.com.

    AMOS (Analysis Of Moment Structure) dibuat oleh Arbuckle (1988), AMOS semula merupakan software statistik yang mandiri. Kemudian di akusisi oleh SPSS, sehingga software statistik ini menjadi sangat populer digunakan oleh kalangan peneliti, akademisi maupun para praktisi. Kelebihan software AMOS terutama ada pada siftat software yang user friendly, sehingga dapat digunakan bagi para pemula dibidang SEM sekalipun.

    Demikian  bahasan mengenai Aplikasi Software Statistik Yang Cocok Untuk SEM, semoga dapat memberikan informasi untuk penelitian anda, kalau ada yang mau menambahkan mengenai software statistik yang cocok untuk SEM selain yang sudah dijelaskan di atas, silahkan saya tunggu komentarnya…

    1 komentar:

    vanhallen mengatakan...

    bang saya izin sedot ya, terima kasih banyak info nya nih

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: