LANGKAH JITU AGAR TIDAK MENTOK MIKIRIN JUDUL SKRIPSI

Langkah Jitu Agar Tidak Mentok Mikirin Judul Skripsi – “Aduh pusing nich, mikirin judul skripsi belum kelar-kelar”. Sering ungkapan tersebut saya dengar dari para mahasiswa yang akan menyusun tugas ilmiah berupa skripsi.

Sampai ada yang mentok beberapa bulan tidak maju-maju, hanya karena mikir judul skripsi yang belum dapat ide.  Tips saya kepada anda yang sedang pusing belum kelar mikirin judul skripsi. Silahkan baca dan segera lakukan…

Pertama, pikirkan dan rasakan apa kekuatan dalam diri anda terutama kekuatan pengetahuan yang paling anda kuasai, Misalnya anda mahasiswa program studi manajemen, kalau anda memiliki pengetahuan paling menonjol bidang sumber daya manusia kenapa tidak anda mulai menggali permasalahan dan mengidentifikasi masalah bidang sumber daya manusia ditempat yang akan dijadikan objek kajian. Saya tidak menyarankan anda yang tidak menguasai permasalahan dan pengetahuan tersebut anda lakukan, akibatnya sangat fatal, misalnya anda akan menjadi terhambat saat bimbingan karena dianggap tidak menguasai pengetahuan tersebut, begitu pun saat sidang.

Kedua, supaya tidak kebanjiran informasi, sebaiknya anda mulai menuliskan subtansi kajian-kajian seperti yang telah dilakukan pada langkah pertama. Sehingga ketika anda mencari di internet tidak membuat anda kebanjiran informasi. Diinternet memang banyak sekali inspirasi judul-judul skripsi. Akan tetapi bila anda tidak mampu memilihnya yang ada anda akan kebingungan.

Ketiga, mulailah berdiskusi dengan bagian akademik tanyakan kira-kira siapa pembimbing anda nanti, alangkah baiknya kalau anda sudah memegang nama pembimbing skripsi anda. Tinggal diskusikan hasil kajian pada langkah pertama tadi, kemudian anda diskusikan kira-kira judul yang baik untuk diangkat dalam cakupan permasalahan tersebut apa.

Keempat, jangan sungkan untuk mengunjungi perpustakaan kampus, biasanya di perpustakaan kampus sudah banyak tersedia skripsi-skripsi terdahulu, ini juga dapat menjadi bahan inspirasi bagi anda. Pedomannya seperti saya sampaikan pada langkah kedua di atas dan ingat “jangan sampai kebanjiran informasi” karena bila hal tersebut terjadi yang ada bukan malah selesai, yang ada anda akan kebingungan karena semuanya merasa baik dan merasa perlu, akibatnya anda akan tambah bingung.

Sementara itulah Langkah Jitu Agar Tidak Mentok Mikirin Judul Skripsi, semoga dapat membantu kepada sahabat-sahabat yang sedang menyusun skripsi. Pernahkah anda mengalami mentok mikirin judul skripsi? Silahkan berbagi disini…

Posting Komentar

0 Komentar