PENGALAMAN BERHARGA DARI KEDAI DESO


Alhamdulillah, berkat pertolongan serta ilmu yang diberikan oleh Allah SWT, terhadap saya, sekarang saya memahami alur dan sistem yang harus dilakukan dalam pembuatan bisnis, khususnya bisnis yang sedang saya rintis ini. Saya pernah menulis "Bisnis Online Saja Tidak Cukup" bisnis inilah yang saya maksud, yaitu jangan puas ketika anda melakukan bisnis online, karena ketika anda puas dan merasa sukses, sebenarnya anda ada pada titik kegagalan.

“Kedai deso” merupakan nama bisnis offline saya yang fokus bisnis di pedesaan dengan menyajikan menu-menu “harga deso, rasa kota” diantaranya adalah; Siomay, Sop Buah (Lihat lagi tulisan saya tentang Segarnya Bisnis Sop Buah) Jus dan sebagai pelengkap saya tambahkan kopi panasnya…

Banyak sekali pengalaman berharga yang tidak akan pernah terlupan ketika merintis bisnis ini, misalnya bagaimana cara memilih buah-buahan di pasar untuk sop buah dan jus. Bagaimana cara menyajikan sampai bagaimana menghitung keuntungan dan cara membukukannya.

Beberapa bulan kedepan insya Allah pengembangan akan terus saya lakukan, dengan penambahan pikulan “tanggungan” siomay dengan tahap awal adalah hanya 10 pikulan saja. Mudah-mudahan dengan 10 pikulan ini, ada 10 orang yang bisa bekerja terutama di desa-desa.

Prinsip saya “pengembangan dan pemberdayaan masyarakat itu titik utamanya adalah harus dari desa, ketika desa ditinggalkan, saya yakin pengembangan dan pemberdayaan tidak akan berjalan”.

Bisnis ini saya amanahkan kepada istri dan adik saya untuk pengelola awal/ rintisan, saya hanya memberikan petunjuk, arahan dan masukan ketika ada yang kurang dipahami. Pemberdayaan juga saya lakukan dari keluarga dulu, bila sudah mapan baru dilakukan kepada orang-orang diluar keluarga... 

Mohon doanya bagi rekan-rekan dan dukungan dalam pengembangan bisnis ini. Anda ingin berbagi pengalaman bisnis? Silahkan berbagi disini, oh ya bagi anda yang tertarik merintis bisnis seperti saya ini selain komentar disini, anda bisa juga bisa diskusi dengan saya, saya akan sangat senang sekali berbagi, silahkan add FB saya: https://www.facebook.com/dakdikduk, kemudian komentar di dinding FB saya dengan tulisan "Perkenalkan Nama Saya ..........Saya Ingin Berdiskusi/Konsultasi mengenai Bisnis seperti KEDAI DESO" sebagai kata kuncinya... 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Insya Allah, anda akan sukses karena ilmu anda berguna bagi orang lain, terutama bisnis ini tidak hanya menguntungkan bagi anda sendiri tapi bagi orang lain.

    BalasHapus

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!