Abdulsidik.COM-Pelanggan adalah lumbung uang bagi suatu
perusahaan, sehingga dari sanalah mengalir pipa-pipa uang, jika Anda telah
membaca artikel yang kemarin tentu Anda sudah mengetahuinya, peran pentingbagaimana pelanggan.
Ada alasan terpenting
bagi seorang pelanggan, meninggalkan produk Anda. Hal utama yang harus
dilakukan adalah sebagai berikut:
- Pertama, sadari apa ketidak beresan pada produk Anda, apakah produknya monoton tanpa variasi yang lebih menarik dibandingkan pesaing, atau justru pelanggan mengharapkan inovasi-inovasi yang lebih pada produk tersebut.
- Kedua, cek layanan pada produk tersebut, apakah sudah sesuai ketentuan perusahaan Anda atau belum, cek berbagai lini mulai penyediaan produk, sehingga sampai produk tersebut ditangan pelanggan Anda. Dimana letak masalahnya jika ada masalah dibagian pengiriman produk pada pelanggan Anda segera evaluasi dan perbaiki.
- Ketiga, ketahui pelanggan meninggalkan Anda mungkin saja sedang berharap lebih dari pelayanan pada produk Anda, akan tetapi Anda tidak menghiraukannya, sehingga kecewa dan mencari atau beralih pada produk pesaing. Untuk itu perlu ada semacam evaluasi rutin menanyakan langsung kepuasan kepada pelanggan Anda.
Ditinggal pelanggan
itu memang menyakitkan, karena lumbung bisnis Anda hilang, mulai sekarang
benahi jalur pelayanan Anda, puaskan pelanggan Anda dan pertahankan pelanggan
Anda, jangan sampai pelanggan produk Anda kecewa, buatlah pelanggan Anda terus
menikmati produk-produk inovasi dari perusahaan Anda.
Selamat Berkereasi!
(By:AS)
0 Komentar
Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!