Refleksi Akhir Tahun 2020: Goal Apa yang sudah Anda capai?


AbdulSidik- Beberapa hari lagi kita akan menginjak tahun baru 2021, waktu terasa cepat, perlu banyak yang harus diperbaiki untuk tahun 2021 ini. Tapi perlu juga mengevaluasi capaian-capaian Goal Anda, Goal Apa yang sudah Anca capai di tahun 2020?. Tentu menjadi pertanyaan penting. 

Bukalah catatan Anda Goal yang sudah Anda buat pada awal tahun 2020, dan bandingkan dan berikan ceklist jika Anda sudah mencapainya, dan apa saja yang belum tercapai Goal di tahun 2020, berikan pendapat penyebab utamanya, sehingga Goal 2021 lebih fokus dan terarah.

Kadang kita hanya melewati akhir tahun dengan datar, tanpa apa pun yang diharapkan tanpa Goal yang jelas maka hidup yang dijalani juga makin tidak jelas. Menurut nasihat dari Vaclav Havel "Kita jangan takut mengimpikan yang mustahil, jika kita menginginkan yang mustahil itu terjadi kenyataan". 

Setidaknya ada tiga saran penting untuk mencapai Goal 2021 tersebut. 
Skill : skill apa yang harus anda upgrade untuk mencapai goal tersebut? 
Nama Baik: Anda mau dibranding orang seperti apa silahkan cetak nama Anda sendiri
Jaringan: Bangun jaringan untuk mencapai impian Anda

Tiga hal tersebut sebagai usaha bumi, sedangkan usaha langitnya tentu harus dibangun juga, misalnya doanya lebih fokus, Shalat lima waktunya tidak ketinggalan, Shalat sunnah Duha dan Tahajudnya yang terjadwal. Sehingga antara jalan bumi dan jalan langit ditempuh.
 
Kalau begitu saya tantang Anda sekarang apa impian yang ingin dicapai di tahun 2021 ini? apa goal Anda di tahun 2021 ini? tidak usah banyak-banyak satu aja. Silahkan komentar di bawah ini ya

Posting Komentar

0 Komentar