MENANTI SANG JURU SELAMAT UNTUK PETANI CIANJUR

Posted on
  • Kamis, 06 Mei 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Pemilihan kepala daerah di Kabupaten Cianjur tinggal menghitung bulan, atribut-atribut kampanye sudah mulai bermunculan, mulai dari setiker yang ditempel di mobil, motor, toko, mushola, tempat cukur, bahkan di WC sampai baligho yang ditempatkan di depan rumah, dipinggir jalan, dan diposko-posko panitia bakal calon bupati dan wakil bupati yang sudah ramai dengan kumpulan orang-orang yang siap membela dan mendukung bakal calon pasangan masing-masing.

    Kita akan lihat apakah dari semua bakal calon kepala daerah di Kabupaten Cianjur ini ada yang memprioritaskan visi dan misi berpihak pada petani? Jangan hanya membuat visi meningkatkan pendidikan, kesehatan saja namun kesejahteraan juga perlu lebih digenjot lagi, yaitu dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat, dimana masyarakat di Kabupaten Cianjur 94% bergerak bidang pertanian.

    Ada beberapa hal pekerjaan rumah bagi bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Cianjur yang akan maju periode sekarang, yaitu:

    Pertama, benahi inspratruktur jalan-jalan usaha tani, sehingga para petani mampu menjual produk-produk pertanian dengan biaya transportasi yang murah, cepat dan sangat efisien.

    Kedua, berikan akses modal yang bersifat pemberdayaan dengan konsep peningkatan terhadap pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap para petani. Bukan memberikan akses modal yang instan, dimana modal tersebut pagi-pagi ditransfer ke kelompok tani, sore sudah hilang tanpa bekas. 

    Ketiga, perkuat kelembagaan penyuluhan karena siapa yang berjuang meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap para petani selain hanya petugas penyuluh pertanian. Sehingga jangan kecewakan para petugas penyuluh pertanian, apalagi di berikan umpan dengan janji-janji palsu yang tidak pernah direalisasikan.

    Keempat, perkuat produk-produk lokal yang berkualitas internasional, bila perlu jalinlah kemitraan dengan para pengusaha dari daerah lain, sehingga petani tidak hanya mengandalkan para tengkulak/ pengumpul saja dalam menampung hasil produksi namun dapat di jual kepada para pengusaha yang sudah bermitra dengan petani.

    Semoga semua harapan dan pekerjaan rumah tersebut dapat dilakukan oleh bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten  Cianjur, sehingga mereka jadi seorang juru selamat bagi para petani. Semoga… (Abdul Sidik)

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: