CABAI PAPRIKA CIANJUR UNTUK PASAR EKLUSIF

Posted on
  • Selasa, 05 Oktober 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Seperti anda ketahui, harga cabai pada awal bulan Agustus 2010 cukup tinggi ditingkat konsmen, namun tidak ditingkat petani. Kenapa hal ini terjadi, tentunya perlu jalan penyelesaiannya. Petani cabai juga harus cerdik dalam melihat peluang yang lebih menguntungkan. Selain cabai rawit, cabai besar dan lain sebagainya. Ada cabai yang lebih menguntungkan yaitu cabai paprika.

    Cabai paprika merupakan salah satu jenis sayuran penting yang dibudidayakan secara komersil di daerah tropis. Kegunannya sebagian besar untuk bahan olahan masakan. Akan tetapi cabai paprika ini juga dapat untuk dimanfaatkan di dalam industri farmasi sebagai ramuan bawah obat-obatan, kosmetik, tutup pewarna dalam bahan makanan, dan campuran pada industri makanan dan minuman.

    Produksi cabai paprika umumnya lebih mengandalkan pangsa pasar yang ekslusif, misalnya di pasar modern dan hanya sebagian dijual di pasar tradisional. Sampai saat ini, produksi dan pasokan cabai paprika asal Kabupaten Cianjur masih tetap baik.

    Petani cabai paprika di Kabupaten Cianjur, sudah menggunakan teknologi greenhouse, untuk budidaya cabai paprika ini. Hal ini tidak sia-sia karena selain harganya yang terus meningkat juga pasar yang minta pun cukup menjanjikan.

    Harga cabai paprika di Kabupaten Cianjur rata-rata Rp. 15.000 s.d Rp. 20.000 dengan produktivitas rata-rata sekitar 4-5 kg perpohon yang dipanen setiap 3-4 kali. Mudah-mudahan petani paprika di Kabupaten Cianjur, tambah maju. Amin…

    1 komentar:

    ela dahlia mengatakan...

    maaf pak/bu, saya mau tau alamat lokasinya bisa?? karena saya baru mau mencoba untuk bisnis sayuran

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: