11 MANFAAT PALING DICARI DARI KOPI

Posted on
  • Selasa, 30 November 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :

    Pagi-pagi minum kopi? Wah nikmat banget! Apalagi disajikan dengan goreng singkong, mmm… dan tahu tidak bahwa kopi ternyata banyak manfaat juga lo.. ingin tahu manfaat kopi? Coba baca 11 manfaat kopi di bawah ini:
    Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
    Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kangker payudara dan kanker usus besar.
    Melindungi Kangker Otak. Manfaat kopi yang luar biasa itu terungkap setelah para peneliti mengikuti kesehatan 500.000 orang Eropa selama delapan tahun. Mereka yang minum satu setengah cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena kanker otak 34 persen lebih rendah. Meski hasil penelitian tersebut cukup membuat para pencinta kopi sedikit lega, tetapi perlu dicatat bahwa tipe kanker otak yang bisa dicegah oleh kopi terbilang langka.
    Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
    Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
    Penyakit Jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke.  Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
    Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.
    Mencegah penyakit saraf. Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.
    Melindungi gigi. Kopi yang mengandung kaein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.
    Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.
    Melindungi kulit. Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

    Bagaimana tidak sia-siakan minum kopi? Namun ingat jangan berlebihan karena apapun kalau sudah berlebihan tidak baik bagi tubuh anda. Sekarang, apakah anda juga tahu manfaat kopi lainnya? Silahkan berbagi…

    5 komentar:

    Gei Senkei mengatakan...

    di balik kopi yang unik ternyata menyimpan khasiat lainnya selain kafeinnya

    apalgi kopi luwak, mhh...nice info gan

    Scharisah mengatakan...

    Scharisah mengatakan:
    Wah ternyata kopi banyak sekali manfaatnya ya pak?dulu keluarga saya mengidap stoke ,....justru malah sebaliknya,....mengurangi kopi, memang sih rasanya nikmat & bisa mengurangi rasa kantuk apalagi kopi Starbuck ,sekali mencoba hati hati lho,.....ketagihan he he he, dan aromamanya mantap!

    Rika Yuliana mengatakan...

    Trus gimana dengan kopi luwak,pak?

    Rika Yuliana (010192197)

    iwan19991 mengatakan...

    mmm,,, tapi jenis kopi yang gimana ya pa..???
    yang masih murni atau kopi buatan pabrik2 yang banyak memiliki kandungan2 zat berbahaya,,,

    almiqdar mengatakan...

    wew., saya yang doyan banget ngupi malah baru tahu manfaat dari kopi. nice post mencerahkan.

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: