MENGINTIP 3 PELUANG BISNIS BUAH ABIU

Posted on
  • Minggu, 30 Januari 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Mari mengintip, wiiih..ngintip apa nich? Hmmm bukan ngintip yang aneh-aneh lo..tapi, kali ini saya akan mengintip tiga peluang agribisnis buah Abiu.

    Kok buah ABIU? Buah apa sich? Tenang-tenang…., saya akan menjelaskannya bagaimana peluang agribisnis BUAH ABIU tersebut.

    Abiu adalah jenis sawo-sawoan (Sapotaceae) yang berasal dari Amerika Selatan. Dalam bahasa Inggris disebut yellow star apple. Dalam bahasa asing disebut caimito, caimito amarilla, madura verde (Meksiko), luma, caimo (Equador), abiu, cajui, temare, yarazo (Spanyol dan Venezuela), caemito, abiero (Brazil).

    Ternyata buah tropis yang berbuah dua kali dalam setahun ini dibudidayakan secara masal di beberapa negara di Amerika Latin, antara lain Meksiko, Equador, Kolumbia, dan Brazil. Apakah di Indonesia bisa? Jawaban ya bisa karena negara kita memiliki tingkat kecocokan dari segi kesuburan dan klimatologi untuk mengembangkan buah Abiu tersebut.

    Terus apa yang bisa anda intip dari buah ABIU ini? Sekiranya ada tiga peluang agribisnis yang dapat anda manfaatkan, saya akan ulas satu-persatu.

    Peluang Agribisnis
    Potensi untuk mengembangkan tanaman buah-buahan di Indonesia masih terbuka lebar, apalagi buah yang memiliki keunik tersendiri seperti Abiu ini.

    Selain didukung oleh sumber daya alam yang memadai, peluang pasar yang mampu menyerap hasil panen pun masih sangat besar. Pemilihan jenis buah unggulan tentu menjadi prioritas yang harus dipertimbangkan secara cermat.

    Peluang Bisnis Makanan
    Selain dapat dimakan langsung, buah abiu dapat diolah menjadi berbagai makanan spesial, seperti Abiu Carambola Chicken Breast (dada ayam goreng dimasak dengan jus abiu dan belimbing), Abiu Tart, Sweet & Sour Abiu & Beefburger, dan sebagainya. Karena banyak mengandung vitam A, B3, dan C, serta kaya sumber kalori dan serat. Hmm siapkan anda mencoba bisnis ini …

    Peluang Bisnis Kesehatan
    Buah Abiu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di Brasil sendiri, daging buah abiu digunakan untuk meringankan batuk, bronchitis, dan keluhan pernafasan atau paru-paru. Sedangkan getah pohon abiu berkhasiat sebagai obat cacing, obat pencahar, dan menyembuhkan luka bengkak.

    Bagaimana tertarik memanfaatkan peluang bisnis dari buah Abiu tersebut? Atau anda memiliki peluang bisnis yang lain? Silahkan berbagi di sini, semoga anda sukses dan sehat selalu…

    36 komentar:

    BRI Jakarta Veteran mengatakan...

    informasi yang menarik jadi banyak tahu nih ...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @BRI Jakarta Veteran : Terima kasih mas.

    van mengatakan...

    wah ande punya perkebunan ini mantap juga ya.. salam sukses sobat..

    Abdul Sidik mengatakan...

    @van : ya gan, peluang pasar masih luas, lagian orang indonesia biasanya suka yang buah aneh-aneh, hmmm..., semoga anda sukses dan sehat selalu...

    Teras Info mengatakan...

    wah...infonya bisa dipraktikan nih kayanya, Mas...

    terimakasih bnyak...

    Kang Epot mengatakan...

    wah peluang bisnis bagus tuh bagi yang punya halaman tuk menanamnya...
    atau yang punya kebun kali yang cocok :)
    btw salam kenal juga sobat :)

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Teras Info : Semoga, yang penting LAKUKAN kalau mau bisnis, jangan kebanyakan mikir takut ini takut itu, entar keburu keambil deh peluangnya, salam sukses dan sehat selalu...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Kang Epot : salam kenal juga kang EPOT yang jelas bukan si cepot kan ya... ha ha, untuk bisnis ini sebenarnya tidak perlu harus punya kebun atau halaman, kang epot bisa misalnya menjualkan punya petani, atau kerjasama dengan petani, nanti bagi persentasenya sesuai kesepakatan. "asal ada peluang, ayo segera manfaatkan", semoga anda sukses dan sehat selalu...

    Najwa Khalida mengatakan...

    Buah yg Unik dan Menarik, jadi pengen nyobain, he he.. terimakasih sahabat atas bagi ilmu nya..

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Najwa Khalida : Betul Najwa, buahnya unik dan menarik, namun sayang di pasaran masih agak jarang ditemukan, sehingga kalau mau bisnis buah buah Abiu masih luas peluangnya. Salam Sukses dan sehat selalu untuk Najwa...

    Syaifullah Arifin mengatakan...

    Wah..
    buahnya kaya' enak ya sob.. tapi dimana saya bisa dapatkan tampang Abiu ini sob? saya tertarik akan buah ini karena fungsinya yg bsa mengobati penyakit dan sepertinya di Indonesia buah ini masih cukup tabu dan langka...

    Oh iya kok sawo-sawo-an ya ?? sawokan ga' kaya' gitu kulitnya tapi kasar dan kabur..
    ini malah terlihat seperti apel..

    sangat informatif sob...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Syaifullah Arifin : Di Supermarket sudah mulai banyak di jual gan, sekarang bibitnya banyak beredar sebagai informasi dari beberapa survey ternyata bibit abiu dengan tinggi 70 cm harganya mencapai Rp. 75.000/bibit, ya buah abiu termasuk keluarga sawo-sawoan, seklias memang tampak seperti apel, kalau di supermarket tanya buah abiu atau sawo australia. Terima Kasih Syaifullah Arifin, salam sukses dan sehat selalu untuk anda...

    judin mengatakan...

    baru tau kalo buah yang gtuan...maklum di kmpung banget

    Abdul Sidik mengatakan...

    @judin : Mas Judin, sering-sering aja mampir kesini, dijamin banyak informasi khususnya seputar agribisnis dan aplikasi software statistik "hmmmm... jadi promosi nich", salam sukses dan semoga sehat selalu...

    media update mengatakan...

    Rupanya ada tambahan informasi nich dari kunjungan saya yg pertama sekaligus komentar yg pertama kali juga sukses gan

    Abdul Sidik mengatakan...

    @media update : Selamat datang sahabatku... salam sukses dan semoga anda sehat selalu...

    sichandra mengatakan...

    mantaap nih peluang bisnis dengan buah abiu :D
    sukses terus bos

    Abdul Sidik mengatakan...

    @sichandra : Ya gan, peluang bisnis yang memiliki pasar luas, soalnya masih jarang yang jual buah abiu ini, semoga M. Chandra sukses dan sehat selalu...

    SuryaPost.com mengatakan...

    wah..mas...gimana cara buat top kementatornya mas..? sekarang lagi berusaha tuk jadi top komentator. mudah2an kita bisa jadi rekanan ya..thx

    Abdul Sidik mengatakan...

    @SuryaPost.com : kalau buat top komentator saya nyari dari embah google gan, mantab gan mudah-mudahan jadi top komentator ke 1 supaya link-nya nancab terus, ya mas nanti harus lebih lanjutnya kita bahas kerjasama pengembangan web/blog ini, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Syaifullah Arifin mengatakan...

    Yang masalahnya saat ini di tempat saya belum ada Supermarket atau pun mini market boss...

    saya kan dri kampung di Ujung Sumatera Barat... di pinggir laut di bawah gunung...

    butuh waktu 1hari utk ke kota dan biaya yg besar...

    Teras Info mengatakan...

    ngintip-ngintip lagi ah..he..he..

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Syaifullah Arifin : Mantab ya walaupun di pinggir bisa internetan, hmmm gini aja cari-cari info dulu tentang buah Abiu ini di internet, nanti kalau sudah ada info misalnya di kota Sumatera Barat, pas ke kota beli, sekalian untuk oleh-oleh keluarga. gimana? setuju ga? :) salam sukses dan semoga sehat selalu

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Teras Info : Silahkan gan, tapi awas ya ngintipnya jangan yang aneh-aneh, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    arya mengatakan...

    nama buahnya agak asing, mungkin nama2 didaerah kita berbeda2....terima kasih info nya

    Abdul Sidik mengatakan...

    @arya : Memang benar kalau melihat buah yang satu ini rasanya aneh dan tidak biasa. Bentuknya tak menyerupai sawo, namun ternyata masih masuk kerabat sawo-sawoan. Pohon abiu memiliki karakter yang mirip dengan para kerabatnya, yaitu berkayu dan mampu mencapai tinggi 15 m. Buahnya yang berbentuk lonjong sampai membulat berukuran panjang 6-12 cm dengan bobot 150-500 gr/bh. Buah abiu ada yang berbentuk oval, atau bulat licin, hingga bercuping.

    Kalau namanya aneh coba cari aja yang nama latinya Pouteria caimito karena Abiu ini termasuk dalam spesies Pouteria caimito dan keluarga Sapotaceae atau anda akan menemukan nama buah Abiu yang lebih dikenal dengan sebutan sawo Australia. Semoga menjadi pencerahan, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Berita kita mengatakan...

    buah abiu?baru denger neh...

    Abdul Sidik mengatakan...

    @Berita kita : Mudah-mudahan dari informasi di atas, anda dapat informasi yang bermanfaat tentang buah Abiu, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    SuryaPost.com mengatakan...

    gan, kenapa gak di bisnis buah abiu ini di buat menjadi bisnis online aja?

    Abdul Sidik mengatakan...

    @SuryaPost.com : Sebenarnya bisa gan, yang paling penting sistem pengiriman yang harus di perhatikan, soalnya ini berhubungan dengan kondisi dan sifat produk, produk pertanian memiliki sifat berbeda dengan produk lainya seperti cepat busuk, mudah layu dan lain sebagainya. kalau sudah siap sistem pengirimannya oke juga bisnis ABIU ini dijalankan secara online, salam sukses dan semoga sehat selalu...

    Muhammad A Vip mengatakan...

    kelihatannya seperti buah mundu tuh, tapi...

    iwan19991 mengatakan...

    mm,,, buah yang unik,, bisa kayak buah naga nih ntar trkenalnya,,,

    Anonim mengatakan...

    Siti Charisah berkata:...
    terus terang lom pernah nyobain buah abiu,jadi penasaran ,ke Hypermart ah

    Neneng Meida PASIM mengatakan...

    JUJUR sy baru melihat buah Abiu ini di blog bpk hehe.....
    jd penasaran apa lg banyak mengandung vitam A, B3, dan C, serta kaya sumber kalori dan serat.

    Rika Yuliana mengatakan...

    Di Indonesia apa sudah ada yang membudidayakan buah Abiu ini pak?

    Rika Yuliana (010192197)

    almiqdar mengatakan...

    informatif sekali artikelnya Pak., sangat bermanfaat

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: