CARA INSTAN MEMBUAT TABEL T DENGAN SPSS

Posted on
  • Kamis, 04 Agustus 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label: ,
  • Share Artikel Melalui :
    Cara instan membuat tabel t dengan SPSSKemampuan software statistik SPSS ternyata tidak hanya mengolah data seperti korelasi, regresi dan lain sebagainya. Namun bisa dimanfaatkan juga untuk pembuatan tabel t, seperti yang suka ada dalam lampiran buku-buku statistik.

    Penasaran pengen tahu caranya bagaimana langkah-langkah instan membuat tabel t dengan SPSS? yu kita mulai.

    Langkah pertama tentunya anda harus membuka dulu software SPSS, kemudian buat lembar kerja baru, isikan dikolom pertama dengan angka misalnya kita tulis angka dari 1 – 10, kemudian klik variabel view dan isi kolom name dengan df artinya degrees of freedom (derajat bebas). Kalau sudah klik menu Transfrom, klik menu Compute Variable, sampai tampil seperti pada gambar di bawah ini.


    Isikan kolom Target Variable dengan Sign_5 (ini artinya tingkat signifikansi yang ingin kita buat adalah sebesar 5%). Hal tersebut berarti juga bahwa tingkat kepercayaannya mencapai 95% (0.95).

    Dikolom numeric Expression isikan rumus ini: IDF.T(0.95,df), terakhir adalah klik OK, dan lihatlah sekarang, Anda sudah memiliki tabel t dengan taraf kepercayaan sebesar 95% (alpha = 5%). Anda bisa lanjutkan dengan alpha 2.5%, 1% dan lain sebagainya. Kemudian df nya juga tidak hanya sepuluh anda bisa membuatnya sesuka hati anda.

    Semoga uraian cara instan membuat tabel t dengan SPSS ini dapat bermanfaat, selamat membuat tabel t ya…

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: