BAGAIMANA TEKNIK NEGOSIASI DENGAN PASAR SUPERMARKET

Posted on
  • Rabu, 02 November 2011
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label: ,
  • Share Artikel Melalui :
    Bagaimana Teknik Negosiasi dengan Pasar Supermarket – Kurang lebih satu minggu yang lalu, saya berdiskusi dengan beberapa pengusaha sayuran yang sudah berhasil menembus pasar supermarket di wilayah kerja saya Pacet dan Cipanas. Ternyata tidak mudah untuk memenangkan pasar atau memasukan produk Agribisnis ke pasar Supermarket. Supermarket-supermarket terkenal, seperti supermarket giant, hero, carrefour, hypermart, Ramayana dan lain sebagainya, ternyata memiliki gaya masing-masing dalam memperoleh hasil sayuran dari para pengusaha Agribisnis.

    Namun dengan dasar-dasar negosiasi yang akan saya uraikan insya Allah anda akan sedikit paham tentang bagaimana caranya agar dapat menang ketika negosiasi dengan pasar supermarket. Tapi sebenarnya bila merujuk pada pendapat dari Ron Ludlow dan Fergus Panton (2000: 141-142) yang menjelaskan bahwa dalam negosiasi tidaklah untuk mencari pemenang dan pecundang, dalam setiap negosiasi terdapat kesempatan untuk menggunakan kemampuan sosial dan komunikasi efektif dan kreatif untuk membawa kedua belah pihak ke arah hasil yang positif bagi kepentingan bersama. Intinya dalam negosiasi terjadi sama-sama menang!.

    Hal yang paling penting sebelum bernegosiasi dengan perwakilan supermarket, adalah pokok-pokok yang akan dinegosiasikan. Dan tidak mungkin syarat-syarat yang ketat dan sudah ditentukan oleh pihak supermarket dinegosiasikan. Ok trik-trik negosiasi dengan pasar supermarket versi pengusaha agribisnis di pacet adalah sebagai berikut:

    Teknik Negosiasi Pertama, silahkan korek-korek dulu informasi seputar supermarket yang dituju. Ini sangat penting mengumpulkan informasi tentang supermarket, karena dari informasi tersebut dapat diolah berbagai bahan informasi awal baik itu tentang produk apa yang dijual sejenis dengan yang kita miliki maupun standar harga yang diberikan pada konsumen.

    Teknik Negosiasi Kedua, kenali terlebih dulu siapa yang akan mewakili bernegosiasi dengan anda. Anda bisa cari informasi-informasi tersebut sebelum dilakukan negosiasi, misalnya bagaimana karakteristik orangnya,  apa jabatannya dan lain sebagainya.

    Teknik Negosiasi Ketiga, teliti terhadap dokumen yang dinegosiasikan. Ini sangat penting bila anda tidak teliti misalnya dari segi harga terlalu rendah sedangkan harga komoditas tersebut sedang naik, sebagai bahan carilah data harga masing-masing komoditas minimal data satu tahun. Lihat trand-nya bulan apa naiknya bulan apa turunnya, anda dapat mengambil rata-ratanya.

    Teknik Negosiasi Keempat, pusatkan pada akar masalah yang dinegosiasikan bukan pada pribadi yang melakukan negosiasi. Misalnya anda sebal dengan gaya bicara orang yang mewaliki negosiasi dari supermarket, biarkan saja yang harus anda dapatkan adalah fokus pada pokok masalah yang sedang dinegosiasikan.

    Teknik Negosiasi Kelima, ini kuncinya adalah “Temukan dulu kepentingan yang sama”. Supermarket ingin memberikan produk yang bermutu yang diberikan kepada konsumen, sedangkan anda ingin harga yang tinggi terhadap komoditas tersebut. Silahkan temukan dulu kepentingan-kepentingan yang sama sebelum anda membahas beberapa kepentingan yang lain.

    Hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai Bagaimana Teknik Negosiasi dengan Pasar Supermarket, ini teknik yang sederhana. Mungkin anda sudah menerapkan teknik negosiasi yang lebih mantap? Silahkan berbagi disini….

    2 komentar:

    Teras Info mengatakan...

    Mantabs tekhniknya, Mas..
    kebetulan saya kerja di supermarket nih...heheheh..

    Terimakasih banyak..

    iwan19991 mengatakan...

    pak,,, posting dunkk gmn cara ngelobi orang supaya org tsb mau ikut/gabung dengan usaha saya

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: