200 RIBU BERSIH PERHARI DARI BUDIDAYA KAPULAGA

Posted on
  • Jumat, 15 Oktober 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :

    Anda tahu tanaman kapulaga? Sebenarnya tanaman Kapulaga berasal dari hutan tropis di daerah India Selatan dan Srilangka. Kapulaga diperkenalkan ke negara Eropa oleh bangsa Arab sebagai bumbu. Tanaman ini juga tumbuh dinegara Thailand, Kampu-chea, Malaysia Barat, dan Filipina, terutama di wilayah berbukit yang dingin, didaerah lembah dan terlindung. Di Indonesia kapulaga ditemukan tumbuh liar dan ditanam di wilayah perbukitan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.
    Tanaman Kapulaga termasuk kedalam tanaman rempah. Tanaman rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan, sebagai pengawet, atau penambah cita rasa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Rempah-rempah merupakan barang dagangan paling berharga pada zaman prakolonial. Banyak rempah-rempah dulunya digunakan dalam pengobatan, salah yang sering digunakan untuk ramuan obat-obatan adalah tanaman Kapulaga (Amomum cardamomum Willd), Kapulaga juga sudah dari dulu sering dipakai sebagai bumbu penyedap masakan, kemudian juga sebagai penyedap jamu yang enak.
    Kapulaga mempunyai keistimewaan yang sangat berbeda dengan tanaman rempah lainnya, keistimewaannya yaitu berada pada buahnya yang mengandung minyak asiri yang bukan main sedapnya. Bahkan sesudah direbus pun, baunya masih tercium.
    Di Kp. Pasir Luhur Desa Pangadegan Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur, para petani memanfaatkan lahan kebunnya untuk menanam Kapulaga. Hal tersebut sudah dijalaninya hampir dua tahun, diluas lahan hampir 500 meter, sekarang setiap hari sudah biasa panen, dengan penghasilan mulai dari 50.000 sampai dengan 200.000 bersih perhari. Sangat menggiurkan, memang apabila anda kreatif dan punya ide untuk memanfaatkan Kapulaga menjadi tanaman yang dapat menambah penghasilan anda. Sekarang bagaimana? Tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Segera dapatkan ebooknya disini…

    5 komentar:

    almiqdar mengatakan...

    apakah kapulaga bisa ditanam didataran rendah pak?

    AMBULANCE DRIVER mengatakan...

    tanaman kapulaga yg menghasilkan jenis apa sih ?

    Abdul Sidik mengatakan...

    @almiqdar: Bisa karena, kapulaga dapat tumbuh pada ketinggian 200-1000 m dari permukaan laut dan optimalnya 300-500 m dari permukaan laut

    Abdul Sidik mengatakan...

    @AMBULANCE DRIVER: Local (Amomum cardomomum) dan kapulaga sabrang (Elettaria cardomomum) itu yang banyak diminta oleh pasar.

    yudi mengatakan...

    Kalo kapulaga malabar apakah termasuk kapulaga sabrang? Mohon pencerahannya

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: