6 MANFAAT KAPULAGA UNTUK KESEHATAN

Posted on
  • Kamis, 04 November 2010
  • by
  • Abdul Sidik
  • in
  • Label:
  • Share Artikel Melalui :
    Kapulaga (amamum campactum soland), tanaman rempah ini dibeberapa daerah sering disebut dengan kapol, pelaga puwar, palago atau  karkolaka. Ternyata punya segudang manfaat. Anda ingin tahu manfaatnya apa saja?
    Tumbuhan ini kaya kandungan kimia yaitu minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat. Di Indonesia, ia bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional, biasanya di area penjual bumbu dapur, maklum, kapulaga memang sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Walaupun memiliki sifat rasa agak pahit, ia ternyata mampu memberikan efek kehangatan. Selama ini orang banyak yang memanfaatkannya sebagai obat.
    Berikut manfaat kapulaga untuk kesehatan yaitu :
    Pertama, untuk Kejang perut, rematik:  semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring, airnya diminum.
    Kedua, untuk Demam: batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring. airnya diminum.
    Ketiga, untuk Batuk: buah dikunyah.
    Keempat, untuk mencegah mual : buah direbus dan dimakan.
    Kelima, untuk Bau badan : rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya.
    Keenam, untuk Radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah : buah direbus, makan dan masih banyak yang lainnya.
    Bagaimana apakah anda juga punya manfaat lain dari kapulaga? atau Anda berminat membudidayakannya?

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!

    Anda Tertarik Ingin Berlangganan Artikel Gratis, Silahkan Masukan Alamat Email Anda: